Selasa, 15 April 2014

Kesenian Musik Panting

Kesenian Musik Panting Dari Kalimantan Selatan

Beragam kesenian daerah yang dapat kita nikmati di indonesia,salah satunya adalah kesenian daerah musik panting yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kesenian Musik Panting dan Nama musik panting berasal dari alat musik yang digunakan untuk memainkanya,yaitu alat musik panting.Panting adalah alat musik petik yang mempunyai bentuk seperti gabus Arab dengan ukuran yang lebih kecil.

Sejarah

Pada awalnya musik Panting berasal dari daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Panting merupakan alat musik yang dipetik yang berbentuk seperti gambus Arab tetapi ukurannya lebih kecil. Pada waktu dulu musik panting hanya dimainkan secara perorangan atau secara solo. Karena semakin majunya perkembangan zaman dan musik Panting akan lebih menarik jika dimainkan dengan beberapa alat musik lainnya, maka musik panting sekarang ini dimainkan dengan alat-alat musik seperti babun, gong,dan biola dan pemainnya juga terdiri dari beberapa orang. Nama musik panting berasal dari nama alat musik itu sendiri, karena pada musik Panting yang terkenal alat musiknya dan yang sangat berperan adalah Panting, sehingga musik tersebut dinamai musik panting. Orang yang pertama kali memberi nama sebagai musik Panting adalah A. Sarbaini. Dan sampai sekarang ini musik Panting terkenal sebagai musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. 

Pemain musik panting umunya menggunakan pakaian banjar,bagi laki-laki menggunakan peci dan yang perempuan menggunakan kerudung.Pemain musik panting memainkan alat musiknya dengan posisi duduk,pemain laki-laki duduk bersila dan pemain perempuan duduk bertelimpuh.

http://www.clickborneo.com/wp-content/uploads/2013/04/Panting-2.jpg
                                               



Fungsi Musik Panting
  • Sebagai hiburan, karena musiknya dan syair-syairnya yang kadang-kadang jenaka dan dapat menghibur orang banyak. Oleh karena itu, musik panting sering digunakan pada acara perkimpoian.
  • Sebagai sarana pendidikan, karena di dalam musik Panting syainya berisi tentang nasihat-nasihat dan petuah.
  • Sebagai musik yang memiliki nilai-nilai agama, karena musik-musiknya mengandung unsur-unsur agama.
  • Untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga masyarakat.
  • Sebagai kesenian musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan.
Sebagai kesenian tradisional ,musik panting sering di gunakan pada acara perkawinan dan beberapa acara lain seperti pertunjukan untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat.Musik panting juga mempunyai fungsi lain yang menarik,yaitu sebagai sarana pendidikan,karena syair-syair dalam musik panting banyak berisi tentang nasehat dan petuah.Satu hal lagi yang menarik dari musik panting,yaitu lagu yang dinyanyikan tanpa menggunakan reff,mungkin karena syair-syairnya menggunakan pantun icon biggrin Kesenian Musik Panting.




Adapun alat-alat musik yang terdapat dalam ensambel musik panting yaitu :
       
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKWatXMBT6Fqrsp6pCIrErTxh_xc2PjX853EQoG-rbO7I6wbzH8xbMF_2Wysd2BW4FCiQpemx22y2Q7dcqCTytmdQ6h5GmJItDpy3sWUP8r6iPMIJJFxEcovn5JSoN-GDv48s2pDE4kohL/s1600/Traditional_indonesian_drums.jpg 
Babun yaitu salah satu alat musik yang mempunyai fungsi sebagai alat musik pengiring yang dimainkan dengan cara dipukul yang dibuat dari kayu yang berbentuk bulat dan ditengahnya terdapat lubang serta disisi kanan dan kirinya dilapisi dengan kulit yang biasanya berasal dari kulit kambing.  


    
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPdGRHSqV8frFeckVq787EyEda0RX3sVzXke88BfLH0x7b7lqsFjL9W8p5vbgOuu5DF9CIhUMEuE55r_wbUykdbByLUnMK2zEwZxuWqgjtVgjwMvAt0cs3copL40GFDvqYV8F0HOes_jsf/s1600/Untitled.png 
Agung terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. Cara memegang menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus, karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan.



http://unietya19.files.wordpress.com/2013/05/1.jpg  
Panting, alat musik yang berbentuk seperti gabus Arab tetapi lebih kecil dan memiliki senar. Panting dimainkan dengan cara dipetik.
 
Seruling Sumber Bunyinya dari lubang seruling yang di tiup oleh pemain seruling dan nada dapat di atur sesuai lubang yang di tutup. Suara suling berciri lembut.



 
            
 
Biola yaitu sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengani nterval sempurna kelima.

  
 
Tamborin Yaitu alat musikperkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya.




Sumber : Kompas.com , Wikipedia , Catatan si Galuh Risma dan Google Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar